Monday, April 26, 2010

UAN oh UAN

Originally Made By Delilah Hazhiya At 4/26/2010 09:17:00 am
Potret menyedihkan bangsa ini akan kelihatan hari ini: anak2 SMA dgn sikap 'yg penting lulus' bukan 'yg penting dapet ilmunya' - Twitternya Revolutia


Cerita dikit deh tentang UAN saya dua tahun yang lalu (hacieh tua deh saya).
Waktu saya UAN, saat itu adalah pertama kalinya ujian diadakan 6 mata pelajaran, karena saya anak ipa ujiannya jadi Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris ditambah Kimia, Biologi, Fisika. Haduh, pas denger ini rasanya mau pingsan. Ditambah UAN waktu itu cuma 3 hari. Jadi sehari dua mapel. Ditambah lagi, sekolah saya yang ini punya trek record yang jelek soal kelulusan dan sistem pembelajaran yang bener bener gak efektif. Gimana coba? Saya gak bisa jagain ilmu saya pada sekolah ini. Saya harus cari ilmu lain diluar tempat. Saya tiap hari waktu SMA harus pulang pukul 4 sore, (karena saya sekolah di sekolah Islam, jadi agamanya lebih banyak ada 4 macem ilmu agama yg dikasi, Fiqih, Aqidah, Bahasa Arab, Quran dan Hadist). 




Wah saya waktu itu bener bener capek banget waktu kelas 3 sma, jadi saya putuskan untuk segera mencari les, sebelumnya saya udah les kimia dan fisika, jadi saya harus cari matematika, biologi. Karena saya lemah disana. Akhirnya saya cari sana sini, semuanya udah penuh! Haduh. Akhirnya saya ikut bimbel di deket sekolah, ya itu deh primagama, ikut disana sebulan, buat uan, setiap hari dari jam 4 sampe jam 6 sore, begh waktu itu saya sempet nangis lho gara gara jam 6 sore itu saya gak dijemput orang rumah! Maklum rumah saya sama sekolah jauh banget, dan gak ada angkot buat nyampe depan rumah saya. Hahaha jadi nangis deh saya. Tapi akhirnya setelah itu saya jadi dijemput terus sm bapak saya. Hehehe. Nah udah dapet bimbel saya masih kurang. Jadilah saya ketemu sama guru matematika yang ternyata rumahnya dekat sama saya! Les dah saya sama dia, orangnya baik banget, ngajarnya juga enak, cantik lagi. Saya kalo les sama dia, setiap pulang bimbel, jadi sekitar jam 7 malem ampe jam 10 malem. Saya kalau les sama dia di rumahnya atau di sekolah dia, hahaha jadi spooky banget, malem malem harus ke SMA nya guru saya itu, dan belajar disana. Haduh dan perjuangan gak berhenti sampe disana. Ternyata guru biologi saya gak banget, akhirnya saya berhenti dan gak les lagi. Kemudian saya juga ditinggal sama guru fisika saya karena dia kerja di jakarta. Alhasil saya gak les fisika lagi. Dicariin guru gak dapet terus, pernah saya dapet guru fisika yang baru, dia ngajarnya sambil buka buku. Aih gak enak! Nah pas saya les sama guru matematika saya dirumahnya, eh suaminya ternyata guru fisika sekolah saya, buahahaha. Akhirnya deh saya les sama dia walau cuma sebentar.


Gimana dengan usaha sekolah? Macem macem, ada program seperti naungan guru guru kepada murid, isinya guru guru itu mengontrol dan membangunkan anak anaknya untuk sholat Tahajud, dan setiap berapa hari gitu doa bersama. Sering kok kita doa bersama, terus pelatihan diri juga, sampai nginep disekolahan (padahal besoknya ke UGM buat verifikasi ujian). Terus tiap sabtu kita ada les yg diisi dari tentor luar. Terus kita masuk lebih pagi, buat pemantapan. Tapi ya namanya sekolah yah, gak ada yg berjalan sempurna, banyak yang gak masuk lah gurunya, hamil lah, ini itu. Huhuhu.


Les sana sini, UAN, dan ditambah nyari universitas. Buat saya sibuk banget, dan mama saya bilang, jangan terlalu di gas banget belajarnya ntar pas hari H sakit. Tapi alhamdulillah saya gak sakit. Hehehe cuma jadi dirumah cuma buat makan tidur aja, sisanya diluar buat belajar. Karena tekad saya itu masuk Universitas harus Negeri! karena penyesalan terdalam masuk sekolah swasta sebelumnya. Saya akhirnya mendaftar di UNNES, UNDIP dan UGM. Semua jurusan sastra inggris yang utama, hehehe. Gak tau pokoknya pedoman saya pilih yang saya suka! Akhirnya pilih sastra. dan keterima semua di Unnes dan Undip, yang saya pengenin yaitu di UGM gak keterima. Huhuhu sedih. Tapi gakpapa di Undip sekarang ini saya udah bersyukur. Walaupun out of expectation.


Balik ke UAN, pas hari H UAN, bener bener tegang, tapi saya usahain untuk relax. Dan penuh dengan macem macem yah, guru saya bilang pake pensil jangan fabercastel dulu ada yang gak lulus gara gara pake faber castel (Saya nurut aja, takut gak lulus hehe). terus waktu ujian matematika, begitu temen temen keluar kelas, semua pada nangis (hoooh T_T) dan dengan segala problem, ada yg kertasnya sobek (gr gr tarik tarikan sama petugas) ada yang gak diisi 16, cuma diisi 10 sisanya ngarang. Waduh macem macem, pas ujian fisika juga, temen saya udah dapet bocoran sebelum ujian, dan saya cocokan sama bocoran itu, ternyata salah semua! (doh!).


And soon, the time passes away, tibalah hari pengumuman UAN. Eits sebelum itu kita intip dulu graduation sma saya, MUAHAHAHA kacau! Pengumuman belum, graduation udah. Dan sok sok sangat simbolis gitu, kita dikasi map kelulusan, dan isinya doa, hahaha. Rada maksain bener deh (wajar ah sekolah swasta juga, prom night pun gak kenal). Nah pas hari kelulusan, simpang siur banget, katanya yang ditelpon sm sekolah itu gak lulus. Aku gak ditelpon waktu itu, aku jadi tenang tenang aja, eh kok beberapa saat aku ditelpon, waduw! Ternyata isi telpon itu suruh dateng ke sekolah.


Jadilah saya dateng ke sekolah! Naik motor (tanpa sim). Hujan hujanan. Pakai helm gak ada kacanya. Duh basah semua dari atas sampai bawah, saya mampir dulu kerumah temen. Temen akrab saya, duh mamanya baik banget deh, aku dikasi baju seragam dlu, buat ganti yg basah. Terus aku ajak temen aku itu ke sekolah.


Aku : ayo tan, kita ke skolah
Temen : gak ah lil
A : kenapa?
T : aku udah titip pengumuman itu ke guru, biar dianter ke rumah aku mau pergi
A : lho? bs? wah, tp km ga mau ikut aja tan?
T : enggak, aku mau pergi.
A : (aku masih ngotot dan menarik tangannya) ayoooo kita keskolah, masa gmw ketemu sm anak anak?
T : gak bener deh lil, km aja kesana.


akhirnya aku pergi ke sekolah, dan di sekolah mendapati sahabatku gak ada, aku tanya sama temen temenku lain, kemana si ini dan si itu. Ternyata, yang gak lulus gak diundang, dan sudah dikasih surat gak lulus sebelumnya. Oh GOD! Jadi satu ruangan itu lulus semua pasti, dan temen aku yg aku ajak tadi ternyata gak senasib sama denganku.


Sedih banget, liat kita lulus, tapi temen gak :( . Dan rupanya angka tidak lulus sekolah saya cukup banyak (lebih dr 10) huhuhu. Termasuk sahabat saya. Dan mereka ikut ujian paket C, lulus semua, dan sekarang kuliah di universitas masing masing. Hehehe.


Kenapa ya pemerintah gitu? bener bener mementingkan kata lulus? Mementingkan hasil akhir daripada ilmu dan proses pembelajaran itu sendiri?


Lulus kan bisa hanya dengan nilai raport, toh NEM kelulusan gak dipakai buat daftar Universitas.


Tanya kenapa?

8 Comment.:

Unknown on Monday 26 April 2010 at 10:27:00 GMT+7 said...
This comment has been removed by the author.
Unknown on Monday 26 April 2010 at 10:30:00 GMT+7 said...

hihihi.. enak juga yah ngapus komen sendiri hii

Delilah Hazhiya on Monday 26 April 2010 at 10:35:00 GMT+7 said...

hihihi senengnya dibales

Delilah Hazhiya on Monday 26 April 2010 at 10:36:00 GMT+7 said...

faktor x dong hehehe....
- coba kalo anak anak itu kenal dekat sama guru or dll ( link )
- coba beli gadget nyontek kelas tinggi ( money )
- sering sering berdoa dan ga berbuat yang ga disukai tuhan ntar juga banyak dapet kesempatan ( Luck )
- mungkin saja dia ga lulus karena attitude dia ? sehingga temen temen dia ga kasih dia contekan...

" Lulus kan bisa hanya dengan nilai raport, toh NEM kelulusan gak dipakai buat daftar Universitas."

hihihi.... lebih banyak tes lebih baik ... dan kalo bisa lebih baik kenapa milih yang kurang ?
males ya ? hehehe... indonesia >>>> mas elz wrote, oh thats so true!

Unknown on Monday 26 April 2010 at 10:46:00 GMT+7 said...

tapi usahakan belajar lah... semakin pintar ya semakin besar kemungkinan lulus... tapi inget jgn mengesampingkan faktor x... hehe...

btw nem kelulusan itu kan juga hasil belajar bukan ? hehe.. kalo kelulusan di tentukan oleh polling sms dll baru tuh protes sana... hihi...dan ga semua orang punya cita cita daftar ke universitas kan ? masa jadi patokan sih...nahlo...wkwkwk

Delilah Hazhiya on Monday 26 April 2010 at 10:52:00 GMT+7 said...

iya sih, kl faktor x,
soalny saya pakai gadget (yah ngaku)...

hahahahah iya juga ya,,,

Oby Syam on Monday 26 April 2010 at 11:16:00 GMT+7 said...

>,<
hari ini pengumuman UNAS..
semoga gak ada guru yg dateng
amin
do'ain yah kak

teruus
oby juga...
oby daftar di UNESA jurusan inggris juga gak ketrima
td faftar ke UNEJ ambil TI sama matematika
pinginnya sih inggris tp di sana dari jur. IPA gak boleh milih inggris *gak adil T,T*
tp ya udah deh gpp...
semoga bisa keterima
do'ain yah kak ikut PMDK

soalnya kalu ikut SNMPTN
.......................
oby gak yakin bisa.... tes tulisnya
orang UNAS aja
masya Allah,,,,
T____________________________T

Delilah Hazhiya on Monday 26 April 2010 at 14:15:00 GMT+7 said...

wah oby jgn pesimis yah
inget faktor faktornya bang elz hehehe

semangat!!!
usaha terus by, adek aku smpe skrg jg blm dpt kuliah :)
semangat SNMPTN!

Post a Comment

 

Life is never close to perfection. © 2012 Web Design by Ipietoon Blogger Template and Home Design and Decor Vector by Webdesignhot