Wednesday, April 21, 2010

Sabar

Originally Made By Delilah Hazhiya At 4/21/2010 07:28:00 pm
sabar itu sesuatu yang pahit namun berbuah yang manis

how to be a patient person ?

1. Yang Sabar
2. be Patient!
3. Ya Allah paringono sabar.

hehe

dikit aja berbagi tips sabar *sok banget deh aku ya, kyk udah Maha Sabar aja *oops maha sabar tetep Allah SWT*

Sabar ...

"Sesungguhnya KETABAHAN SEJATI adalah SAAT PERTAMA KALI MUSIBAH TERJADI"
( HR. Bukhori No. 430 )



“Apakah kalian mengira bahwa kalian akan masuk ke dalam surga, padahal belum datang kepada kalian (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kalian? Mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta digoncangkan (dengan bermacam-macam goncangan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang bersamanya : Bilakah datang pertolongan Allah? Ingatlah sesungguhnya pertolongan Allah amatlah dekat.” (QS. Al Baqarah : 214)

“…Allah mencintai orang-orang yang sabar.” (QS. Al Imran : 146)



Sabar tuh dibagi jadi 3 tingkatan
1. Sabar dari meninggalkan kemaksiatan karena takut ancaman Allah, Kita harus selalu berada dalam keimanan dan meninggalkan perkara yang diharamkan. Yang lebih baik lagi adalah, sabar dari meninggalkan kemaksiatan karena malu kepada Allah.

“…dan bersabarlah, sesungguhnya Allah bersama dengan orang-orang yang sabar.” (QS. Al-Anfal: 46)


2. sabar dalam melaksanakan ketaatan kepada Allah, dengan terus-menerus melaksanakannya, memelihara keikhlasan dalam mengerjakannya dan memperbaikinya. Dalam menjalankan ketaatan, tujuannya hanya agar amal ibadah yang dilakukan diterima Allah, tujuannya semata-mata ikhlas karena Allah SWT.

“….. dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. Mereka itulah orang yang benar (imannya). Dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa.” (QS. Al-Baqarah: 177)

Kedua sabar diatas terkait dengan ikhtiar, kemudian
3. Sabar dalam menerima cobaan

“Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu).” (Asy Syuro : 30).

” Allah tidak akan membebani seseorang melainkan sesuai kesanggupannya. " (Al Baqarah : 286)


Apakah kamu udah cukup sabar selama ini?
Selama ini kita hanya sabar menghadapi cobaan, tp kita lupa kalo kita juga harus sabar jg dalam berikhtiar..

Selalu inget Allah ya. Allah selalu punya rencana dan selalu ada hadiah di setiap kesabaran kita.

Kunci kesabaran sih menurutku ya,

1. Bersyukur, bersyukur kita dikasi cobaan, dan selalu liat cobaan orang yang lebih parah dari kita, maka kita bs bersyukur. Gak bisa kita bersyukur, kalau kita selalu liat keatas, yang ada malah IRI! Kalau kita diberi cobaan, berarti Allah masih inget kita :) . Dan cobaan meningkatkan derajat kita.
Kalau kita terkena cobaan disaat kita sedang berusaha, sabar lah, Allah sedang menguji kita.
Tapi kalau itu karena kesalahan kita, dan kekhilafan kita, and you get what you did. Terimalah ganjarannya..

2. Yakin, Allah selalu bersama kita, dan selalu memberi kelapangan disetiap kesusahan kita. dan Allah selalu punya rencana indah bagi umatnya. Just believe it!

3. Masalah itu datangnya dari manusia. Terutama dr diri sendiri. Jd tidak ada masalah yg tidak bs diselesaikan manusia. Itu pasti, coba deh kalian selalu berpikir, bahwa masalah yang datang itu penyebabnya adalah diri kalian sendiri , maaf saya selalu berpikir begitu, ujung ujungnya selalu diri sendiri yang salah. Dengan gitu kita bisa intropeksi diri dan melakukan perubahan.

4. Banyak ibadah, gak cuma inget Allah aja, tapi kita harus selalu kembali ke Allah buat berikhtiar banyak berdoa, semoga selalu dilindungi oleh Allah, mintalah kesabaran dan kekuatan buat menghadapi hidup. Allah tempatmu meminta :)

5. Berserah diri dan beramal baik. Memang sebenernya manusia itu wajib untuk berserah diri kepada Allah atas segalanya, karena semua hal di dunia ini adalah milikNya.
Lalu beramal ini ya kita beramal, kepada siapa saja berbuat baik dan kebaikan itu akan kembali kepada kita. Dan kalau kita beramal kepada fakir miskin (the power of giving) Allah akan melipat gandakan apa yang sudah kita beri, (seperti ilmu ustad Jusuf Mansur)

”kecuali orang-orang yang sabar (terhadap bencana), dan mengerjakan amal-amal saleh; mereka itu beroleh ampunan dan pahala yang besar”. (Hud: 11)

“Sesungguhnya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan ganjaran/pahala mereka tanpa batas.” (Az Zumar: 10)

“SESEORANG akan DIUJI SESUAI dengan KONDISI AGAMA-nya. Jika agamanya BEGITU KOKOH, maka SEMAKIN BERAT pula UJIAN-nya. Jika agamanya LEMAH, maka ia akan DIUJI SESUAI dengan KUALITAS AGAMA-nya. Seorang HAMBA senantiasa MENDAPATKAN COBAAN hingga dia BERJALAN di MUKA BUMI dalam keadaan BERSIH dari DOSA.”
(HR. Tirmidzi )



Ini dulu tulisan dari saya seorang awam. Saya cuma ingin berbagi. :)
Semoga kita selalu bisa bersabar....

2 Comment.:

Oby Syam on Thursday 22 April 2010 at 11:08:00 GMT+7 said...

wow blog ini sebenarya umurnya dah lama yah dah mulai dri tahun 2007
wkwkwwkw

neng lilaa... yang sabbaaaat.. yah..
kesabaran tuh mang penting dalam kehidupan :)
blognya dah ku polow...

di tunggu kunjunga balinya

Delilah Hazhiya on Thursday 22 April 2010 at 19:52:00 GMT+7 said...

makasi ya oby sudah mampir, aku kyknya jg udah mampir ke oby, hehehe

barang kali lupa emang blog oby apa ?

iya sabar :')

Post a Comment

 

Life is never close to perfection. © 2012 Web Design by Ipietoon Blogger Template and Home Design and Decor Vector by Webdesignhot