Wednesday, April 28, 2010

Pasar Maling

Originally Made By Delilah Hazhiya At 4/28/2010 10:06:00 pm
 






Kalau temen temen semua mau ke Semarang dengan tujuan Belanja, saya sarankan segera putar balik terus ke kota lain, seperti Solo atau Jogja, soalnya Semarang bukan spot tempat berbelanja yang bagus.
Semarang bukannya gak ada tempat belanja, ada sih, tapi kalau emang mau ngubek ngubek pasar tradisional, sebenernya isinya hampir sama dengan pasar lain dan gak ada spesialisasinya, kayak batik atau pakaian trend yang murah. Di Semarang emang gak menjual wisata belanjanya, kebanyakan wisata sejarah (lawang sewu etc) atau wisata kulinernya yang ada di sepanjang jalan Pandaran, dan di Semarang emang banyak tempat makan yang enak! Hehehe. 


Kalau urusan belanja pakaian khususnya atau benda lain, silahkan ke Mall, hehehe. Kalau pernak pernik khas semarang ada di dekat Stasiun Tri Lomba Juang, tapi orang ke Semarang biasanya oleh olehnya kalau gak Lumpia ya Wingko Babat ya Bandeng Presto. Hahaha, saya sebagai orang Semarang cuma doyan Lumpia nya aja. Hehehe.



Dah ngelantur nih, sekarang saya mau bicarain soal pasar , terutama Pasar Johar, terutama lagi Pasar Maling, hahaha. Tadi saya udah janjian ama temen saya (Putri, red.) Dia ngajakin beli tas di pasar Johar, pasar yang paling besar se-Jawa Tengah (katanya) . Nah saya ama putri tuh udah ahli banget soal per-johar-an. Udah hapal lah letak tas, letak sepatu, baju, buah dll. Langsung deh ketoko tas langganan saya, dan taraaaaaaa dapet tas lucu 50ribu saja, dan lumayan persis kyk tas yang ada di toko aksesoris di Mall, kalo di Johar 50ribu, kalo di Mall 90ribuan, Wuih! Tapi 50ribu itu aja udah kemahalan, harusnya bisa nawar lagi, tp Putri kagak bisa nawar. -_-!

Terus saya penasaran nih, sama temen yang beli tas vintage secondhand cuma 10RIBU saja, OMAIGOD! 10ribu! Dimana kah dia beli tas vintage lucu cuma 10ribu? Walau secondhand kan tetep gaya. Katanya dia beli di pasar Maling, di Johar letaknya di lantai dua pasar.
Aku sama putri langsung ngubek ngubek pasar di lantai dua, tapi gak ada tuh toko toko secondhand (ada sih tapi toko buku). Hampir putus asa, ketemu ama bapak bapak, terus tanya deh dengan gebleknya, "pak pasar maling dimana?" Bapak itu kasih tunjuk jalan yang sangat secret rupanya, dan tampang bapak itu kayak secret agent yang ngasih tau letak musuh dimana, wkwkw sumpah aku jadi berasa menyusuri suatu tempat super rahasia. Padahal pasar maling itu rahasia umum.

Kata bapaknya, naik tangga, terus dibalik pohon itu adalah pasarnya.
Jadilah kami berdua menyusuri pasar, dan menemukan tangga lalu naik, dan terus berjalan, eh emang bener, ternyata ketemu, setelah pedagang pisang, ternyata setelah itu munculah barang barang branded , seperti sepatu brand dari berbagai merek, terus tas, bahkan ada kamera, jam tangan, baju, dah banyak lah, paling banyak sih sepatu. Mondar mandir aku sama putri kayak setrika-an, dan kita dari mondar mandir itu pastilah diteriakin mau beli apa mbak, dan berbagai macam penggodaan mas mas gile =.= ... 

Puas mondar mandir akhirnya tanya harga sepatu, ohohoho. Sepatu converse canvas yang bahannya kain 75ribu, Bahan kulit 85ribu. Tp gak tanya merek lain. Aku tanya sama penjualnya, mas ini pasar maling ? ( tanya cuma buat mastiin doang). Kata masnya sih bener cuma udah ganti nama (cieee) jadi pasar murah. Ohohoho. Tapi emang murah sih, kalau barangnya asli, iya asli. Asli buatan Indonesia tercinta, tepatnya di Tangerang! Hahaha. Tapi mungkin aja ada yang asli kali ya dengan harga miring, cuma gak tanya. Dan pas kesana gak bawa hape, ketinggalan (lho?) .

Lanjut aku menyusuri lagi lebih kedalam. dan ternyata disitu letak barang barang secondhandnya, cuma emang kondisinya udah unwell, tp emang vintage sih, hihihi. Cm tadi ga ada yng cocok, gak beli deh. Next time yah!

Tipsnya belanja di pasar ;
1. pake baju yang nyaman, jangan celana pendek. Bahaya banget deh buat cewek, ntar digoda, haha. Pake sendal aja, kalau panas pake sepatu. Biar gak item.
2. Jangan sendirian deh, ajak temen kalau mau belanja lama, biar ada yang nemenin, ngingetin kalau kalap belanja, juga bantuin nawar.
3. Tips dari temenku, katanya jangan belanja ama pacar, ntar pikiran orang para pedagang itu, bakal gini, "wah pasti yang bayarin cowoknya, kasih harga mahal ah" . Hahaha. 
4. Nawar nya dari harga asli, tanya dulu "pasnya berapa?", dikurangi setengahnya, dicoba terus, kalau dia gak mau naikin dikit, naikin lagi dikit dikit, nah kalau belanja banyak, minta diskon! Harus! Kalau mau jitu lagi, ajak ibu , ibu kalau nawar Sadiiiisss! Hehehe. Malah kata guru managemen saya, produk Indonesia itu jangan ditawar, kasian pedagangnya, hahaha.
5. Kalau gak suka sama barangnya, atau mau pergi ketempat lain , tapi bingung ngomong, bilang aja atau cari warna/ukuran yang gak ada. Hahaha . Ntar kan dia bingung.

Boleh ditambah :)

Oya, kalau mau ke pasar maling itu, ada di johar, begitu ketemu lantai dua, yang ada buku bekasnya, langsung lurus terus aja, terus pojok dalam johar :)


2 Comment.:

aku.indri on Thursday 29 April 2010 at 10:52:00 GMT+7 said...

wah, pasar maling? barang curian dell??

asik juga ya belanja di semarang, kalau ke sana kapan2 mampir ah..

Delilah Hazhiya on Friday 30 April 2010 at 17:18:00 GMT+7 said...

hahahaha, kbykan barang merek yg ditembak gitu kak, aspal gitu
dulu sih byk brg curian, skrg udah berubah, jadi brg murah tp bentuk kyk barang asli, huehehe
sisanya secondhand doang kak

Post a Comment

 

Life is never close to perfection. © 2012 Web Design by Ipietoon Blogger Template and Home Design and Decor Vector by Webdesignhot